Krisis iklim nyata di depan mata



Download 6 Kb.
Date02.09.2022
Size6 Kb.
#87824
Dokumen ardi

Krisis iklim nyata di depan mata

Perubahan iklim=Krisis iklim adalah masalah yang sangat serius yang kita hadapi saat ini, di berbagai belahan negara di dunia dan sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam melakukan perubahan khususnya pada perubahan iklim.


Krisis iklim itu sendiri adalah ulah dari manusia yang terus-menerus menggunakan bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara dan gas bumi), deforestasi hutan dan tentunya masalah sampah juga turut berkontribusi besar dalam kerusakan lingkungan.
Semua masalah ini menyebabkan kenaikan suhu bumi (global warming) karena tingginya emisi karbon yang di hasilkan dari semua kegiatan dan masalah itu dan efek rumah kaca yg menyebabkan gelombang panas, mencairnya es di kutub dan menyebabkan berbagai bencana alam seperti banjir, longsor, angin puting beliung, kebakaran hutan,dll di berbagai negara di dunia, perubahan iklim ini bukan hanya menyebabkan krisis iklim tapi juga menyebabkan krisis ekonomi serta krisis kesehatan
Beberapa tahun yang lalu di dunia telah diporandakan oleh adanya wabah covid-19. Covid-19 merupakan suatu penyakit menular yang dapat menular melalui komunikasi, bahkan udara sekalipun. Contagion ini sangat berbahaya yang berakibat pada gangguan pernafasan manusia bahkan telah banyak korban jiwa akibat ganasnya contagion ini.

Tanpa kita sadari terjadinya perubahan iklim di muka bumi mempengaruhi kesehatan manusia, mulai dari yang disebabkannya suhu udara yang tidak stabil, keadaan tubuh yang sulit beradaptasi dengan cuaca perubahan, polusi udara bahkan dapat menularkan berbagai penyakit menular yang menyebabkan suatu penyakit.
Perubahan iklim yang menyebabkan cuaca ekstrem serta perubahan kelembapan udara akan berpengaruh terhadap spesies fauna dan ekosistem dunia. Perubahan masa depan dalam aktivitas manusia yang dapat diubah oleh perubahan untuk meningkatkan kemungkinan penularan menyebar dari spesies hewan ke manusia.
perubahan iklim memang secara langsung mengakibatkan penularan covid-19 atau yang biasa kita dengan nama penularan virus Corona, namun perubahan iklim dapat menyebabkan pemanasan global sehingga iklim di dunia semakin meningkat dan meningkatkan variabilitas dalam pola cuaca di bumi akan membuat semakin mudah menularkan penyakit dari berbagai Negara termasuk penyebaran contagion covid - 19 ini.
Dan di sepanjang bulan Agustus 2022 ini saja di Pakistan & India terjadi banjir bandang dan longsor, beberapa daerah di Afrika dan China terjadi banjir dan kekeringan, Filipina terjadi badai tropis ganas, Eropa dan Inggris terjadi gelombang panas dan kebakaran hutan, Korea Selatan dan Indonesia dilanda banjir, akibat bencana alam ini terjadi kenaikan harga di berbagai kebutuhan hidup karena gagal panen dan tertunda nya produksi sehingga terjadi kelangkaan. Data ini membuktikan Krisis iklim sudah di ruang tamu kita.
Ini seharusnya menyadarkan kita bahwa krisis iklim ini Benar-benar sudah nyata di depan mata, dan kita harus bertindak cepat dalam menanggulangi krisis iklim ini bersamaan , ini bukan hanya peran pemerintah tapi semua manusia. Apalagi kita sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa...
Bagi saya, perubahan itu tidak perlu langsung berkontribusi besar- besaran atau bahkan yang terlalu mulia , karena sebuah kontribusi yang benar-benar sukses selalu dimulai dari langkah yang semakin kecil. Mengapa harus kita? Mengapa harus pemuda? Karena kaum muda memiliki pengetahuan, pengalaman, jaringan yang luas ditambah dengan ide cemerlang, energi dan antusiasme yang tinggi dapat menjadi agen perubahan dampak perubahan iklim.
Bumi butuh aksi kita...
#save earth,#save life,#we save the future
Download 6 Kb.

Share with your friends:




The database is protected by copyright ©sckool.org 2022
send message

    Main page