Diskriminasi



Download 336.1 Kb.
Page1/18
Date11.01.2022
Size336.1 Kb.
#86555
  1   2   3   4   5   6   7   8   9   ...   18
Diskriminasi dan Kesehatan-2018-10-16T05 45 39.026Z (1)

Diskriminasi dan Kesehatan

1.1 Diskriminasi

Manusia adalah mahluk sosial yang saling bergantung satu sama lain dalam memenuhi kebutuhan hidup dan bagi kelangsungan hidup. Kelangsung hidup sebagai mahluk sosial akan mendapat jaminan manakala lingkungan sosial atau warga masyarakat memberikan dukungan. Salah satu dukungan tersebut adalah adanya norma sosial yang menjadi acuan berperilaku bagi anggotanya.

Diskriminasi dalam kehidupan sosial--hubungan antar individu kelompok maupun individu dengan kelompok--sebenarnya merupakan fenomena yang umum terjadi pada masyarakat di belahan dunia manapun. Namun fenomena tersebut dapat menjadi sesuatu yang serius ketika memasuki ranah yang tidak bisa di toleransi dan melanggar hak asasi manusia dan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Menurut UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang dimaksud dengan diskriminasi adalah setiap pembatasan, pelecehan, atau pengucilan yang langsung ataupun tak langsung didasarkan pada pembedaan manusia atas dasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial, status ekonomi, jenis kelamin, bahasa, keyakinan politik, yang berakibat pengurangan, penyimpangan atau penghapusan pengakuan, pelaksanaan atau penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dasar dalam kehidupan baik individual maupun kolektif dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, budaya, dan aspek kehidupan lainnya (Effendi, 2008).



Berbagai jenis diskriminasi berpengaruh, baik itu usia, jenis kelamin, ras, dan berbagai hal lainnya (Sumber: Pixabay.com)

Diskriminasi sering kali terjadi diawali dengan prasangka. Dengan prasangka, kita membuat perbedaan antara kita dengan orang lain. Pembedaan ini terjadi karena kita adalah makhluk social yang secara alami ingin berkumpul dengan orang yang memiliki kemiripan dengan kita. Prasangka seringkali didasari pada ketidakpahaman, ketidakpedulian pada kelompok di luar kelompoknya atau ketakutan atas perbedaan.

Dalam dunia kesehatan, diskriminasi bisa terjadi dalam berbagai hal. Misalnya praktik-praktik diskriminasi di institusi kesehatan mulai dari rumah sakit sampai puskesmas masih sering terjadi dan dirasakan masyarakat miskin. Akses kesehatan bagi masyarakat miskin kita masih sangat terbatas. Dan persoalan klasik yang dihadapi oleh masyarkat miskin adalah masalah uang. Persoalan uang ini sering kali menjadi “pembeda” dalam pelayanan kesehatan antara orang miskin dengan orang kaya.

Diskriminasi memberikan kerugian materi dan fisik tetapi juga dapat mengganggu kesehatan mental seseorang. Banyak juga diantara masyarakat yang meninggal bunuh diri akibat stres menjadi korban diskriminasi. World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia tahun 2015 bunuh diri di sejumlah negara merupakan penyebab kematian nomor dua pada penduduk usia 15-29 tahun. Data WHO tahun 2015 mencatat, setiap tahunnya terdapat 800.000 orang meninggal dunia karena bunuh diri.


    1. Prasangka

Prasangka dapat diartikan sebagai suatu sikap negatif terhadap kelompok atau anggota kelompok tertentu tanpa dasar alasan yang benar. Prasangka yang dianggap sebagai sikap memiliki dua implikasi, pertama sikap seringkali merupakan fungsi dari skema yaitu kerangka kerja kognitif untuk mengorganisir, menginterpretasi dan memanggil kembali suatu informasi. Maksudnya ketika ada individu yang berperasangka, individu tersebut mempuanyai kecenderungan memproses informasi bahwa individu ataupun kelompok lain berbeda.

Kedua, prasangka sebagai suatu jenis sikap, ini melibatkan emosi dan perasaan negatif. Bahkan seringkali melibatkan ekspektasi atau harapan dan juga kepercayaan tertentu. Inilah yang kemudian memunculkan stereotip.



Berdasarkan pada banyaknya perbedaan yang ada antar berbagai kelompok masyarakat, maka prasangka juga mempunyai berbagai bentuk dan jenis diantaranya adalah sebagai berikut;


  1. Download 336.1 Kb.

    Share with your friends:
  1   2   3   4   5   6   7   8   9   ...   18




The database is protected by copyright ©sckool.org 2022
send message

    Main page